09/02/13

NYEMANTUNG


Wkwk Nengae istilahnye bae lah lucu budak tuh... Istilah "Nyemantung" ini lah hampir punah kerne lah jarang dipraktekah di masyarakat muda-mudi jaman maini ahi. padahal ini seni tata cara bahi yang cukup unik untuk dilestarikan hehe.. Tapi tetap harus sesuai dengan norma adat dan agama. 

Nyemantung dalam masyarakat kikim berarti membawa bekal saat ngapel, atau begarehan atau behusik istilah jeme kikim antara bujang ngan gadis pacak pule batin ngan jande. Tapi istilah nyemantung ini berarti rame-rame bisa 3 orang laki-laki atau lebih dengan 3 orang gadis atau lebih namun tidak harus pas berpasangan dan biasanya malam hari.

Bekal untuk ngapel yang di bawa pihak laki-laki tadi biasanya adalah hasil patungan atau sokongan bisa berupa beras dengan ayam, atau ikan bisa juga kambing. Mereka membuat acara masak-masak yang dibawa pihak laki-laki tadi, jadi sembari masak inilah mereka berkelakar dan senda gurau atau rayu-rayuan yang tujuannya agar lebih akrab satu sama lain.

Nyemantung ini cukup populer dikalangan jeme tue, artinye jeme mude "jaman bahi" hehe.. tapi muda-mudi jaman maini lah jarang, mereka lebih cendrung ngapel sendiri-sendiri, suhang-suhang. atau jalan-jalan naik motor berduaan. 

Sekedar tulisan dang santai. tape pule gawe corat-coret dikit. salam sesame jeme dide.. sape tau bermanfaat. lanjut mang...



 
 
Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Copyright © . JEME KIKIM NIAN - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger