17/04/13

Rencana Pembentukan Kabupaten Kikim Area Kembali Manghangat

Setelah sekian lama mati suri akhirnya rencana pemekaran daerah kabupaten lahat yaitu daerah otonom baru Kabupaten Kikim Area kembali menghangat dan menemukan titik terang, hal ini seiring dengan kunjungan gubernur sumatera selatan ke Kikim Lahat bulan Januari 2013 yang lalu. " Saya mendukung kalau masyarakat ingin daerahnya dimekarkan menjadi kabupaten baru" katanya sebagaimana di kutip oleh Palembang-pos.com  " Kalau ingin menjadi kabupaten baru lengkapi persyaratan minimal memiliki 5 kabupaten dan lainnya, kemudian ajukan surat permohonan kepada DPRD Kabupaten dan Bupati jika semua sudah lengkap bawa ke pengprov kita akan ajukan ke pusat" katanya menambahkan. 

Sedangkan Kepala Tata Praja Biro Pemerintahan Provinsi Sumsel Bpk. Azizkandar Mirza seperti yang diberitakan di Sripoku.com Jumat 5 April 2013 menyatakan bahwa ada dua daerah di Sumsel yang diusulkan ke DPR RI untuk menjadi daerah otonomi baru (DOB) dua daerah itu adalah Pantai Timur Ogan Komering Ilir ( OKI ) dan Kikim Area Kabupaten Lahat.  " Sesuai dengan PP No. 78 Maka pemekaran daerah Kikim Area ini memenuhi syarat tinggal lagi nilai nominal bantuan provinsi untuk operasional dua tahun dinilai terlalu kecil". sambungnya. 

Yang lebih bersemangat disampaikan oleh Ketua Dewan Presidium Pemekaran Kabupaten Kikim Area, Bpk Chozali Hanan mengaku  " Wilayah Kikim Area sangat kaya Tambang Batu Bara, cadangan batu baranya bisa mencapai 2000 ton lebih selain itu Kikim Area juga memiliki perkebunan sawit yang kalau tidak salah terbesar di Asia Tenggara " Ujar Chozali Hanan sebagaimana diberitakan di Sripoku.com

Kikim Area saat ini memiliki 6 kecamatan yaitu : Gumay talang, Kikim Timur, Pseksu, Kikim Barat, Kikim tengah, dan Kikim Selatan.  Gumay Talang secara geografis lebih dekat ke Kab. Lahat namun bila masyarakatnya ingin bergabung mereka secara kemasayarakatan lebih dekat dengan masyarakat kikim.  Semoga saja usulan kali ini disetujui oleh Komisi II DPR-RI dan Mentri dalam Negeri,  Apabila pembentukan Kabupaten Kikim Area jadi dibentuk hal ini tentu sangat baik untuk masayarakat kikim diharapkan dapat mencapai kesejahteraan ekonomi yang lebih baik, membuka lapangan pekerjaan dan memiliki pemerintahan sendiri sehingga bisa lebih fokus pada pembangunan masyarakat dan daerah kikim. 









Comments
0 Comments

0 komentar:

 
Copyright © . JEME KIKIM NIAN - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger